Selasa, 06 April 2010

Kenali Calon Pengganti Anda

Kenali Calon Pengganti Anda

Anda tidak akan selamanya duduk di kursi kepemimpinan seperti saat ini. Mau tidak mau, cepat atau lambat, akan ada perubahan dalam organisasi perusahaan. Anda akan menduduki posisi yang lebih tinggi, bahkan mungkin akan bersiap menghadapi masa retirement. Regenerasi dan mempersiapkan calon pengganti pada akhirnya harus ada dalam agenda Anda. Tentu tidak mungkin Anda meninggalkan posisi Anda sekarang tanpa ‘menitipkannya” pada seorang pemimpin baru yang bisa Anda percaya dan kompeten bukan?

Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan seorang anggota tim agar bisa jadi pengganti Anda. Salah satunya adalah dengan menciptakan lingkungan yang mendorong munculnya seorang calon pemimpin, lalu terus membimbing dan mengarahkan calon tersebut agar memiliki nilai, kemampuan dan karakter yang sesuai dengan visi, misi dan goal perusahaan. Namun, sebelum Anda melakukan itu semua, pertama Anda harus mengenali calon pengganti Anda. Siapa diantara anggota tim saya yang pantas memegang posisi saya sekarang? Ada beberapa ciri seorang yang bisa jadi acuan untuk mengenali seorang pemimpin diantara anggota tim Anda.
  1. Si pengambil resiko.
    Pemimpin masa depan tidak akan merasa nyaman terus berada dalam status quo. Dia akan mencari kesempatan untuk mendapatkan tantangan yang baru dan berbeda dalam menjalankan pekerjaannya. Meminta tanggung jawab baru dengan konsekuensi yang mungkin terlihat merugikan adalah hal yang biasa dilakukan. Kegagalan tidak dianggap sebagai momok menakutkan, tapi akan selalu dianggap sebagai sarana belajar dan meningkatkan karier.
  2. Disadari atau tidak, calon pemimpin sering mengambil keputusan untuk rekan kerjanya.
    Seringkali dalam sebuah rapat atau diskusi yang penuh argumentasi, calon pemimpin akan memberikan pandangan atau opini yang bisa mengakomodasi kepentingan semua pihak. Lalu keputusan ini kemudian diikuti rekan kerjanya. Dengan kata lain, tanpa ia sadari, ia sudah memiliki pengikut yang mau mendengarkan pendapatnya dan menghormatinya baik sebagai secara professional maupun individu.
  3. Selalu berada dalam lingkaran orang-orang yang sukses dan biasa memberikan motivasi.
    Calon pemimpin bersedia belajar dan selalu mencari motivasi untuk jadi lebih maju lagi dari siapa pun. Dia ingin berada di tengah-tengah orang yang bisa memberikan pengaruh positif terhadap kehidupannya. Mereka tidak akan berteman dekat dengan orang yang memberikan bad vibe dan merugikan mereka.
  4. Mereka seringkali jadi sumber inspirasi dan motivasi bagi rekan kerjanya.
    Perhatikan karyawan yang sering dicari oleh co-worker untuk curhat, dimintai pandangan atau solusi mengenai masalah kerja maupun pribadi. Karyawan seperti ini sudah mendapatkan kepercayaan dari orang sekitarnya, memiliki empati tinggi terhadap sesama anggota dalam timnya dan memiliki kemampuan untuk menjalin hubungan yang baik.
  5. Orang yang bisa Anda andalkan dan percaya untuk membantu mengelola tim.
    Saat Anda merasa membutuhkan bantuan ekstra dalam menjalankan kepemimpinan seperti mengingatkan tim agar lebih ‘ngebut’ mengejar target, sampai bertukar pikiran mengenai kebijakan baru perusahaan, Anda seringkali cenderung untuk meminta bantuan pada orang yang sama berulang kali.
  6. Orang yang bisa dipercaya dan ethical.
    Anda tidak akan segan untuk berbagi tentang informasi rahasia perusahaan ataupun hal lain karena Anda yakin mereka bisa dipercaya. Mereka juga tidak hanya mampu berbicara tentang nilai hidup dan etos kerja yang mereka anut, namun juga mengaplikasikannya dalam menjalankan tanggung jawabnya sehari-hari. Mereka ‘memimpin’ dengan tindakan yang nyata yang bisa dicontoh oleh dan jadi motivasi untuk rekan kerjanya .
  7. Karyawan favorit, baik atasan maupun rekan kerja.
    Tidak hanya prestasi kerjanya yang memuaskan dan konsisten, hubungannya dengan karyawan lain juga tanpa cela. Pemimpin masa depan bisa menempatkan dirinya sebagai karyawan yang harus bertanggung jawab terhadap pekerjaan dan atasannya, dan bisa bekerja sama dengan rekan kerja.
  8. Remember! Adalah wajib hukumnya buat Anda melahirkan pemimpin yang minimal sama dengan Anda jika Anda ingin naik ke level berikutnya.
    Chandra Ming (General Manager JobsDB.com)
Bookmark and Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

AddThis

Share |